Sebagai seorang guru sudah seharusnya melakukan persiapan dalam
rancangan pembelajarannya, proses hasil belajar secara bermutu akan dilihat
sejauh mana sorang guru dalam meramu pembelajarannya semakin baik termasuk
pembuatan butir-butir soal.
Dalam melaksanakan proses penilaian, tes merupakan alat ukur yang
paling sering digunakan guru untuk mengukur hasil belajar siswa. Dari hasil
tes, guru dapat mengetahui sejauh mana tujuan yang telah ditetapkan dapat
tercapai. Oleh karena itu, agar tes dapat mengukur hasil dengan tepat, maka tes
harus dikembangkan dengan benar.
1. Bagaimana Membuat Perencanaan Tes yang Baik
Tes baru akan
berarti bila terdiri dari butir-butir soal yang menguji tujuan yang penting dan
mewakili seluruh bahan yang diujikan secara representatif. Pemilihan
butir-butir soal dilakukan atas dasar pertimbangan pentingnya konsep, dalil
atau teori yang diuji dalam hubungannya dengan peranannya terhadap bidang studi
secara keseluruhan.
Untuk memudahkan
guru dalam menyusun tes, maka perlu dibuat kisi-kisi soal yang akan menjadi
acuan bagi guru dalam menulis butir soal. Kisi-kisi ini memuat beberapa
informasi, antara lain cakupan materi yang akan diuji, kompetensi yang akan
diuji, tingkat kesukaran soal, dan jumlah butir soal yang dibutuhkan
2. Dasar-dasar Penyusunan Tes
Tes merupakan alat
ukur yang paling banyak digunakan untuk menentukan keberhasilan siswa dalam
suatu proses pembelajaran. Adapun dasar-dasar penyusunan tes adalah sebagai
berikut:
- Tes
harus dapat mengukur apa-apa yang dipelajari dalam proses pembelajaran
sesuai dengan tujuan pembelajaran yang tercantum dalam rencana
pembelajaran
- Tes
disusun sedemikian rupa sehingga benar-benar mewakili materi yang telah
dipelajari
- Pertanyaan
tes hendaknya disesuaikan dengan aspek-aspek tingkat belajar yang
diharapkan
- Tes
hendaknya disusun sesuai dengan tujuan penggunaan tes itu sendiri
- Tes
disesuaikan dengan pendekatan pengukuran yang dianut, apakah mengacu pada
kelompok ataukah mengacu pada patokan tertentu
- Tes
hendaknya dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran
A. Hafalan/Ingatan (Recall) C1
Jenjang ini meliputi
kemampuan menyatakan kembali fakta, konsep, prinsip, prosedur yang telah
dipelajari oleh siswa.
Contoh soal:
1.
Dalam sejarah kesusastraan Indonesia,
penyair yang banyak menulis puisi kontemporer adalah ….
a.
W.S. Rendra
b.
Ramadhan K.H
c.
Sutarji Calzoum Bachri
d.
Putu Wijaya
2.
Simbol unsur perak, tembaga, dan emas
secara berturut-turut adalah…..
a.
Ag, Cu, dan Au
b.
Fe, Cu, dan Au
c.
Sn, Ag, dan Cu
d.
Pd, Ag, dan Cu
3.
Untuk Menambah / menyisipkan gambar
dapat dilakukan dari menu :
a.
Insert, Clip Art, Picture, Pilih
Gambar, OK
b.
Insert, Picture, Clip Art, Pilih
Gambar, OK
c.
Insert, Clip Art, Pilih Gambar,
Insert
d.
Insert, Picture, Clip Art, Pilih
Gambar, Insert
4.
Peristiwa berikut yang termasuk
perubahan kimia adalah…..
a.
air mendidih menjadi uap air
b.
gula larut dalam air panas
c.
kertas dibakar menjadi abu
d.
lilin meleleh karena dinyalakan
B. Pemahaman (Comprehension) C2
Pada jenjang ini
siswa diharapkan kemampuannya untuk mengerti makna dari informasi yang
diperoleh baik berupa fakta, konsep, dan prinsip.
contoh soal:
1. Perbedaan prosa, puisi, dan drama
dalam kesusastraan Indonesia didasarkan atas….
a.
bahasa yang digunakan
b.
pengembangan plot dan struktur cerita
c.
perwujudan lahiriah sebuah karya
sastra
d.
banyaknya tokoh dalam cerita
2.
Jika kita ingin keluar dari komunitas
milis tertentu , maka langkah yang tepat adalah….
a.
Menulis surat pengunduran diri dengan
menggunakan surat pos
b.
Melakukan sign out millis
c.
Melakukan tag email
d.
Melakukan Unsubscribe
3.
Kode yang digunakan untuk membuat
sebuah halaman web disebut ...
a.
HTML
b.
HTTP
c.
WWW
d.
URL
4.
Jumlah atom N yang terdapat pada
molekul (NH4)2SO4 sebanyak…
a.
1
b.
2
c.
4
d.
6
C. Penerapan (Application) C3
Yang termasuk
jenjang penerapan adalah kemampuan menggunakan prinsip, aturan, atau metode
yang telah diketahuinya dalam situasi baru atau situasi kongkrit.
contoh soal :
1. Untuk melakukan print secara otomatis
tombol manakah yang harus kita tekan?
a.
Crtl Z
b.
Ctrl X
c.
Ctrl A
d.
Ctrl P
2. Pak Udin ingin mengetahui keterampilan
siswanya dalam menggunakan mikroskop. Untuk kepentingan tersebut pak Udin telah
menentukan 7 indikator. Dari 7 indikator tersebut kemudian dibuat 7 buah
pertanyaan dalam bentuk skala rating. Setiap pertanyaan mempunyai 5 skala. Jika
dari hasil pengukuran Ani memperoleh skor 20, berapa persenkah nilai yang
diperoleh Ani ?
a.
20 %
b.
25 %
c.
57%
d.
71,4%
3.
Pada Power Point, Toolbar yang dipakai
untuk menampilkan secara miniatur seluruh slide yang telah dibuat digunakan :
a.
Slide View
b.
Outline View
c.
Slide Show
d.
Slide Sorter View
4.
Jika diketahui massa atom relatif
Na=23, S=32, H=1, dan O=16 maka massa molekul relatif Na2S4.5H2Oadalah…..
a.
19
b.
142
c.
232
d.
264
D. Analisis (Analysis) C4
Yang dimaksud
jenjang analisis adalah kemampuan menguraikan suatu informasi yang dihadapi
menjadi komponen-komponennya, sehingga struktur informasi serta hubungan antar
komponen informasi tersebut menjadi jelas.
contoh soal :
1. Pak Adi menginginkan para siswanya
dapat membuat karangan tentang bahaya rekayasa genetika dalam 5000 kata.
Jenjang kemampuan berpikir yang ingin dikemabangkan oleh pak Adi adalah ….
a.
penerapan
b.
analisis
c.
sintesis
d.
evaluasi
2.
Jika kita menggunakan chat pada
keyboard pada saat kita menekan Ctrl alt del dan klik End Proses maka apa yang
akan terjadi pada computer tersebut?
a.
Refresh
b.
Restart
c.
Shout Down
d.
log off
3.
Berikut ini benar tentang GPRS,
kecuali ……
a.
Akses data sampai pada kecepatan 115
kbps
b.
Akses internet tanpa kabel
c.
Tarif dibayar per bulan tanpa
didasarkan besarnya penggunaan
d.
Kita harus memiliki handphone untuk
dapat mengakses internet
4.
Dalam wadah 5 liter dimasukkan 4 mol
SO3 yang terurai menurut reaksi:
2 SO3(g) <—> 2
SO2(g) + O2(g). Jika pada saat kesetimbangan tercapai masih ada 1 mol SO3.
Berapakah tetapan kesetimbangannya…..
a.
2,7
b.
5,4
c.
13,5
d.
27
E. Sintesis (Synthesis) C5
Yang dimaksud
jenjang sintesis adalah kemampuan untuk mengintegrasikan bagian-bagian terpisah
menjadi suatu keseluruhan yang terpadu. Termasuk di dalamnya kemampuan
merencanakan eksperimen, karya tulis (laporan, artikel), menyusun cara baru
untuk mengklarifikasikan obyek, peristiwa, dan informasi-informasi
lainnya.
contoh soal :
1.
Gambar persamaan Y = kx akan selalu
berbentuk ….
a.
parabola
b.
lurus
c.
plantean
d.
asintosis
2.
Topologi jaringan di mana setiap
komputer terhubung langsung dengan komputer/alat lain melalui sebuah link
khusus. Setiap sambungan atau link hanya untuk berkomunikasi antara dua
komputer atau alat yang dihubungkannya, merupakan kharakteristik dati
topologi …
a.
Topologi Ring
b.
Topologi Star
c.
Topologi Bus
d.
Topologi Mesh
3.
Hasan mendengarkan dengan tekun ”
Acara Pembinaan Bahasa Indonesia ” melalui TV. Sebentar-sebentar ia mencatat,
kemudian cepat beralih dan memperhatikan kembali kepada pembicara. Hasan tidak
beranjak dari kursinya sebelum acara tersebut selesai. Berdasarkan contoh
tersebut, Hasan memiliki unsur-unsur, misalnya, konsentrasi penuh, bertujuan,
berminat, siap secara fisik dan mental. Unsur-unsur tersebut termasuk bagian
dari …
a.
pembicara
b.
pembicaraan
c.
penyimak
d.
situasi
4. Sebanyak 1 liter larutan CrCl3 1M
dielektrolisis dengan arus 6 A. Waktu yang diperlukan untuk mengendapkan semua
logam kromium adalah…..(Ar Cr= 52, F=96500 C mol -1)
a.
289500 detik
b.
96500 detik
c.
48250 detik
d.
32167 detik
F. Evaluasi (Evaluation) C6
Yang dimaksud
jenjang evaluasi adalah kemampuan untuk mempertimbangkan nilai suatu
pernyataan, uraian, pekerjaan, berdasarkan kriteria tertentu yang ditetapkan.
Misalnya memilih rumusan yang didukung oleh data.
contoh soal :
1.
Jika diketahui potensial elektroda
standar dari:
Ag+ (aq) + e —>
Ag(s) εo = +0,80 volt
In3+ (aq) + 3e —>
In(s) εo = -0,34 volt
Mg2+ (aq) + 2e —>
Mg(s) εo = -2,37 volt
Mn2+ (aq) + 2e —>
Mn(s) εo = -1,20 volt
Pasangan yang
memberikan perbedaan potensial sebesar +1,14 volt adalah…..
a.
Ag I Ag + II Mn 2+ I Mn
b.
In I In 3+ II Ag + I Ag
c.
Mn I Mn 2+ II Mg 2 + I Mg
d.
Ag I Ag + II In 3+ I In
2.
Diketahui sebuah software dapat
membuat sebuah extensi *.JPG dan *.TIF selain itu dapat pula melakukan
pengeditan berupa gambar dan logo serta memanipulasi efek photo, selain itu
pula software ini kini sudah memasuki generasi ke 14 atau juga disebut CS4 dari
keterangan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa software tersebut….
a.
Software desain grafis
b.
Software statistik
c.
Software desain html
d.
Software angka
3. Suatu pabrik menyatakan bahwa lembaran
alumunium yang diproduksi mempunyai tebal 0,04 cm. Setelah diambil sampel
secara acak sebanyak 100, diperoleh tebal rata-rata lembaran 0,0408 cm, dengan
standar deviasi 0,004 cm. Dari sampel ini dengan = 0,10 dapat diambil
kesimpulan bahwa….
a.
pertanyaan pabrik ditolak
b.
pertanyaan pabrik tidak ditolak
c.
tidak dapat diambil kesimpulan
d.
jika = 0,20, maka pertanyaan pabrik tidak
di tolak
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !